Tautan-tautan Akses

Pejabat Militer Korea Utara, Selatan Adakan Pertemuan Rahasia


Tentara Korea Selatan berpatroli di dekat zona demilitarisasi di Paju, Korea Selatan (1/10). (AP/Ahn Young-joon)

Tentara Korea Selatan berpatroli di dekat zona demilitarisasi di Paju, Korea Selatan (1/10). (AP/Ahn Young-joon)

Pertemuan itu membicarakan insiden adu tembak senjata ringan setelah Pyongyang menembak sebuah balon dari Selatan yang membawa propaganda anti-Utara.

Media dan anggota parlemen Korea Selatan mengatakan para pejabat tinggi militer dari Korea Utara dan Selatan mengadakan pertemuan rahasia Rabu (15/10) untuk membicarakan insiden adu tembak lintas perbatasan baru-baru ini.

Pertemuan itu, yang dilaporkan oleh kantor berita Yonhap dan politisi oposisi Park Jie-won, diadakan di desa gencatan senjata Panmunjom yang terletak di perbatasan de facto yang tegang antara kedua negara.

Kedua pihak kabarnya telah membicarakan satu insiden Jumat lalu saat kedua Korea adu tembak senjata ringan setelah Pyongyang menembak sebuah balon udara dari Selatan yang membawa propaganda anti-Utara.

Ini menyusul satu insiden pekan lalu saat patroli angkatan laut Korea Utara dan Selatan saling melepaskan tembakan peringatan di perbatasan Laut Kuning yang disengketakan. Tidak ada korban atau kerusakan dilaporkan dalam kedua insiden.

Bentrokan itu mengancam akan menggagalkan pembicaraan tingkat tinggi yang disepakati sebelumnya bulan ini setelah Korea Utara secara mendadak mengirim delegasi tingkat-tinggi ke Selatan.

XS
SM
MD
LG