Tautan-tautan Akses

Pejabat Militer AS: Iran, Ancaman Terbesar Keamanan di Timur Tengah


Jendral James Mattis (Foto: dok)

Jendral James Mattis (Foto: dok)

Menurut Jenderal James Mattis, Iran telah mengirim persenjataan dan pakar ke Damaskus untuk membantu pemerintahan Assad.

Kepala Komando Pusat Amerika mengatakan Iran adalah ancaman terbesar terhadap keamanan di Timur Tengah dan bahwa Teheran sedang bersunguh-sungguh menjaga agar Presiden Suriah Bashar al-Assad tetap berkuasa.

Jenderal James Mattis mengatakan dalam dengar keterangan Senat hari Selasa bahwa Iran tidak berhasil dihentikan oleh sanksi-sanksi internasional berkenaan dengan program nuklirnya yang kontroversial. Dia juga mengatakan Iran telah mengirim persenjataan dan pakar ke Damaskus untuk membantu pemerintahan Assad.

Jenderal Mattis menyoroti program nuklir Iran, misil balistik, dan penggunaan antek-anteknya untuk melakukan perang yang disebutnya perang tersembunyi.

Dalam dengar keterangan itu Senator John McCain mengulangi seruannya akan bantuan militer untuk pemberontak Suriah dan usaha internasional untuk memberi tempat yang aman untuk oposisi Suriah.

McCain mengecam mereka yang ingin lebih lanjut mengidentifikasi pihak oposisi sebelum memberikan bantuan, khususnya implikasi bahwa al-Qaida mungkin terlibat. Dia memberikan jaminan kelompok teror itu bukan bagian dari oposisi terhadap Assad.

XS
SM
MD
LG