Tautan-tautan Akses

Pejabat Mesir Ikuti Pelayaran Percobaan Melewati Terusan Suez Baru


Para pejabat mengatakan Terusan Suez adalah salah satu proyek perbaikan ekonomi untuk meningkatkan investasi asing. (Foto: dok.)

Para pejabat mengatakan Terusan Suez adalah salah satu proyek perbaikan ekonomi untuk meningkatkan investasi asing. (Foto: dok.)

Pejabat-pejabat Mesir hari Sabtu (25/7) menyelesaikan pelayaran percobaan melewati Terusan Suez yang baru, sebelum diresmikan bulan depan.

Terusan itu panjangnya 72 km dan sebagian dibangun paralel dengan terusan yang sudah ada. Tujuannya adalah untuk mengurangi waktu tunggu bagi kapal-kapal yang akan melewati terusan itu dari Laut Tengah ke Laut Merah dan sebaliknya.

Kapten Mohammed Fawzi dari Otorita Terusan Suez mengatakan, terusan yang baru itu cukup dalam untuk dilalui kapal-kapal yang lunasnya berada 22 meter dibawah permukaan air.

Kata para pejabat, enam kapal digunakan untuk pelayaran percobaan itu, tiga kapal datang dari arah utara dan tiga dari arah selatan. Perluasan Terusan Suez itu berarti waktu tunggu bagi kapal-kapal yang akan masuk ke jalur pelayaran itu bisa dikurangi dari 18 menjadi 11 jam. Pemerintah Mesir berharap terusan yang diperluas itu akan menghasilkan 13,2 milyar dollar pada tahun 2023, atau lebih dari dua kali lipat penghasilannya yang sekarang.

XS
SM
MD
LG