Tautan-tautan Akses

Pejabat Inggris: Setengah Juta Orang Tunggu Bermigrasi ke Eropa


Migran Libya yang mencari kehidupan lebih baik di Eropa

Migran Libya yang mencari kehidupan lebih baik di Eropa

Seorang pejabat Inggris mengatakan sekitar setengah juta orang di Libya musim panas ini menunggu kesempatan untuk menyeberangi perairan berbahaya Laut Tengah ke Eropa untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Kapten Nick Cooke-Priest mengatakan di kapal perang Inggris HMS Bulwark bahwa ada indikasi sekitar “450.000 sampai 500.000 migran di Libya sedang menunggu di perbatasan” untuk pelayaran menyeberangi Laut Tengah.

Hari Minggu (7/6), Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Bulwark telah dikirim untuk menyelamatkan sedikitnya 500 migran setelah sebuah helikopter mengidentifikasi empat kapal migran yang mengalami kesulitan.

Juga hari Minggu, sebuah kapal penjaga pantai Italia yang membawa 316 migran dari tiga operasi terpisah di lepas pantai Libya merapat di pelabuhan Lampedusa.

Semua ini terjadi setelah operasi penyelamatan hari Sabtu ketika kapal angkatan laut dari Italia, Inggris, Irlandia dan negara-negara lain menyelamatkan hampir 3.500 migran di lepas pantai Libya.

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi, lebih dari 80.000 orang telah menyeberangi Laut Tengah tahun ini. Lebih dari 1.800 migran tewas di laut atau masih belum ditemukan.

XS
SM
MD
LG