Tautan-tautan Akses

Pejabat Bank Sentral Dunia Lanjutkan Perundingan tentang Sengketa Mata Uang di Shanghai


Pertemuan Bank Dunia-IMF beberapa waktu lalu belum berhasil menemukan jalan keluar bagi perselisihan mengenai mata uang Tiongkok, Yuan.

Pertemuan Bank Dunia-IMF beberapa waktu lalu belum berhasil menemukan jalan keluar bagi perselisihan mengenai mata uang Tiongkok, Yuan.

Konferensi yang diselenggarakan Bank Rakyat Tiongkok dan IMF ini, menindaklanjuti pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia awal bulan ini di Washington

Pejabat-pejabat bank sentral dari lima benua berada di Shanghai hari ini untuk membicarakan langkah-langkah memperkuat pemulihan ekonomi global.

Konferensi ini diselenggarakan Gubernur Bank Rakyat Tiongkok Zhou Xiaochuan dan Dominique Strauss-Kahn, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF). Hadir dalam konferensi adalah berbagai pejabat senior bank sentral dari Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara dan Selatan.

Konferensi ini menyusul pertemuan tahunan Bank Dunia dan IMF awal bulan ini di Washington, di mana para menteri keuangan dan pejabat bank sentral gagal menyetujui bagaimana menyelesaikan perselisihan mata uang di antara sejumlah negara besar.

Isu ini, yang melibatkan beberapa negara yang mencoba menurunkan nilai mata uang mereka agar mendapat keuntungan dalam persaingan perdagangan, diperkirakan akan mendominasi pertemuan menteri keuangan G20 minggu ini di Korea Selatan.

XS
SM
MD
LG