Tautan-tautan Akses

Kunjungi Afrika Tengah, Pejabat AS Serukan Perlucutan Senjata


Dubes AS untuk PBB, Samantha Power berbicara dengan para perempuan yang mengungsi di Bangui, Republik Afrika Tengah, Kamis (19/12).

Dubes AS untuk PBB, Samantha Power berbicara dengan para perempuan yang mengungsi di Bangui, Republik Afrika Tengah, Kamis (19/12).

Dubes Amerika untuk PBB, Samantha Power berada di Republik Afrika Tengah dan menyerukan perlucutan senjata di sana, Kamis (19/12).

Duta Besar Amerika untuk PBB Samantha Power berada di Republik Afrika Tengah untuk membahas kekerasan yang tengah berlangsung di negara itu dengan para pejabat pemerintah dan tokoh-tokoh masyarakat madani.

Power tiba di ibukota, Bangui, hari Kamis (19/12), untuk kunjungan satu hari. Ia mengatakan kepada wartawan sewaktu transit di Nigeria bahwa melucuti senjata kelompok-kelompok yang terlibat pertempuran itu sangat penting untuk menstabilkan negara.

Republik Afrika Tengah terjerumus dalam kekacauan pada Maret lalu setelah kelompok pemberontak Seleka yang kebanyakan anggotanya Muslim, menggulingkan presiden Francois Bozize.

Penjarahan dan pembunuhan selama berbulan-bulan telah mendorong tindakan balasan dari sekutu-sekutu Bozize dan milisi Kristen yang dikenal sebagai anti-balaka.

Juga hari Kamis, Human Rights Watch mengeluarkan laporan baru yang menyatakan milisi Kristen telah melakukan kekejaman terhadap Muslim dalam siklus kekerasan yang berpotensi tak dapat dikendalikan.
XS
SM
MD
LG