Tautan-tautan Akses

Pejabat AS dan Korsel Berusaha Selesaikan Perjanjian Perdagangan


Kurt Campbell, diplomat tertinggi Amerika untuk Asia. (Foto: Dokumentasi)

Kurt Campbell, diplomat tertinggi Amerika untuk Asia. (Foto: Dokumentasi)

Kurt Campbell memberi indikasi hari Senin bahwa Amerika Serikat ingin sekali untuk menyelesaikan persetujuan perdagangan setelah 3 tahun.

Pejabat tinggi perdagangan Amerika dan Korea Selatan mengadakan pertemuan hari Selasa di San Fransisco dalam usaha terakhir untuk menyelesaikan perselisihan mengenai perjanjian perdagangan yang sudah lama macet sebelum Presiden Barack Obama berkunjung ke Seoul bulan depan.

Kurt Campbell, diplomat tertinggi Amerika untuk Asia, memberi indikasi hari Senin bahwa Amerika Serikat ingin sekali untuk akhirnya menyelesaikan persetujuan itu, yang telah menunggu selama lebih 3 tahun.

Campbell mengatakan sangat penting bahwa kedua pihak berhasil, dengan menambahkan bahwa kedua pihak dalam pembicaraan itu “tidak dapat gagal.”

Perjanjian itu semula dirundingkan pada masa pemerintahan Presiden George W. Bush. Tetapi, serikat-serikat buruh yang mendukung Partai Demokrat Obama telah dengan kuat menentang persertujuan itu, khususnya pasal-pasal mengenai perdagangan mobil. Pihak Amerika juga menghendaki perubahan dalam pasal-pasal mengenai pedagangan daging sapi.

XS
SM
MD
LG