Tautan-tautan Akses

AS

Pejabat Tinggi Angkatan Laut AS Didakwa Terima Suap


Zumwalt, senjata penghancur Angkatan Laut AS, di Bath, negara bagian Maine (8/10). (AP/Robert F. Bukaty)

Zumwalt, senjata penghancur Angkatan Laut AS, di Bath, negara bagian Maine (8/10). (AP/Robert F. Bukaty)

Pejabat tersebut diduga melebihkan harga sebenarnya pengisian bahan bakar dan kebutuhan kapal-kapal armada Amerika di pelabuhan-pelabuhan Asia, sampai jutaan dolar.

Kejaksaan Agung Amerika telah mengenakan tuduhan terhadap seorang pejabat tinggi Angkatan Laut Amerika ketiga, dalam penyelidikan kasus penyuapan yang meluas.

Dalam kasus ini, para pejabat tersebut diduga melebihkan harga sebenarnya pengisian bahan bakar dan kebutuhan kapal-kapal armada Amerika di pelabuhan-pelabuhan Asia, sampai jutaan dolar.

Sebuah pernyataan Departemen Kehakiman mengatakan Komandan Angkatan Laut Jose Luis Sanchez ditangkap Rabu pagi (6/11) di Florida. Ia didakwa menerima pelacur, perjalanan mewah dan uang US$100 ribu dari satu kontraktor pertahanan asing sebagai imbalan atas informasi rahasia dan interen Angkatan Laut Amerika.

Penangkapan itu adalah perkembangan terbaru dalam penyelidikan luas penambahan biaya besar-besaran yang kabarnya didalangi kontraktor pertahanan yang berbasis di Singapura, Glen Defense Marine Asia.

Penyelidikan tersebut, yang pertama kali dilaporkan bulan lalu oleh harian Washington Post, telah mengakibatkan penangkapan seorang pejabat tinggi Dinas Penyelidikan Kejahatan Angkatan Laut, dan seorang komandan Angkatan Laut lainnya yang memimpin sebuah kapal perusak Amerika. Seorang komandan lagi yang terjerat dalam penyelidikan itu diberhentikan dari jabatan komandan kapalnya bulan lalu di Jepang.
XS
SM
MD
LG