Tautan-tautan Akses

Pejabat Amerika dan Taliban Bertemu di Qatar


Para pejuang Taliban menyerahkan senjata dalam perjanjian damai di Herat (foto: dok). 5 orang wakil kelompok Taliban Afghanistan dan utusan AS berunding di Qatar.

Para pejuang Taliban menyerahkan senjata dalam perjanjian damai di Herat (foto: dok). 5 orang wakil kelompok Taliban Afghanistan dan utusan AS berunding di Qatar.

Di antara masalah yang dibahas utusan AS dan Taliban termasuk kemungkinan pembebasan tahanan Taliban di penjara Guantanamo.

Perunding Taliban sedang bertemu dengan wakil-wakil Amerika di Qatar untuk membangun kepercayaan antara kedua pihak sebelum diadakan perundingan damai.

Utusan khusus Amerika Marc Grossman mengatakan minggu lalu, Amerika dan Afghanistan mendukung rencana Taliban membuka kantor perwakilan politik di Qatar. Tapi ia menambahkan belum ada keputusan tentang pembebasan tahanan-tahanan Taliban di Guantanamo. Amerika berencana menarik semua pasukannya dari Afghanistan akhir tahun 2014.

Maulavi Qalamuddin, yang pernah memimpin pasukan polisi keagamaan kelompok itu, hari Minggu mengatakan termasuk dalam delegasinya adalah beberapa mantan pejabat serta mantan sekretaris pemimpin Taliban Mullah Omar.

Qalamuddin mengatakan pertemuan itu akan membahas kemungkinan pembebasan tahanan Taliban dari penjara militer Amerika di Teluk Guantanamo, Kuba. Ia mengatakan delegasi berangkat ke Qatar dari Pakistan – mungkin menandakan bahwa Pakistan mendukung proses perdamaian itu.

Sementara itu, pejabat-pejabat Afghanistan hari Minggu mengatakan akan memulai proses perdamaian terpisah dengan Taliban dan bertemu di Arab Saudi guna mengakhiri perang Afghanistan selama 10 tahun.

Di Brussels, Sekretaris Jendral NATO Anders Fogh Rasmussen hari Senin mengatakan aliansi itu akan menjalankan rencananya menarik pasukan tempur dari Afghanistan pada akhir 2014.

Rasmussen mengatakan NATO memperkirakan transisi akhir propinsi dan distrik menjadi tanggung jawab Afghanistan pada pertengahan 2013. Setelah itu, katanya, NATO secara bertahap dapat berganti peran dari pasukan tempur menjadi pasukan pendukung.

XS
SM
MD
LG