Tautan-tautan Akses

AS

Pejabat Amerika Bela Perundingan Nuklir Iran


Menlu AS John Kerry

Menlu AS John Kerry

Pemerintahan Obama ingin meyakinkan anggota DPR Amerika yang ragu bahwa diplomasi dalam upaya internasional untuk menghentikan ambisi nuklir Iran telah berhasil.

Negara-negara kuat dunia mencapai perjanjian sementara dengan Iran 24 November lalu, dan menawarkan akses ke dana Iran yang dibekukan bernilai tujuh miliar dolar sebagai imbalan bagi langkah-langkah menghentikan kegiatan nuklir Iran. Kesepakatan itu mensyaratkan perjanjian penuh harus dicapai dalam waktu satu tahun.

Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Politik, Wendy Sherman, ketua perunding Amerika dengan Iran pada hari Selasa kembali meyakinkan anggota DPR bahwa para perunding akan mengambil sikap keras terhadap program nuklir Iran selagi perundingan berjalan.

Anggota Kongres berpendapat bahwa tidak bijaksana melonggarkan sanksi sebelum Iran mengambil tindakan agresif untuk menghentikan program nuklirnya.

Sherman mengatakan meskipun “tidak sempurna” tapi perjanjian tersebut memberi waktu untuk melakukan perjanjian yang menyeluruh dalam waktu satu tahun.
XS
SM
MD
LG