Tautan-tautan Akses

Pejabat Amerika Bantah Iran Tembak Jatuh Pesawat AS


Pesawat tak berawak AS yang beroperasi untuk menyerang militan di perbatasan Afghanistan dan Pakistan (foto: dok). Militer Iran mengaku menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak AS.

Pesawat tak berawak AS yang beroperasi untuk menyerang militan di perbatasan Afghanistan dan Pakistan (foto: dok). Militer Iran mengaku menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak AS.

Koalisi yang dipimpin Amerika di Afghanistan mengatakan yang dimaksud Iran kemungkinan adalah sebuah pesawat tak berawak Amerika yang menerbangkan misi di Afghanistan barat pekan lalu dan sekarang hilang.

Seorang pejabat Amerika hari Minggu membantah laporan media Iran bahwa angkatan bersenjata Iran menembak jatuh pesawat pengintai tak-berawak Amerika yang melanggar wilayah angkasanya.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat namanya tidak disebut, mengatakan sama sekali tidak ada indikasi sampai sekarang bahwa pesawat itu ditembak jatuh.

Sebelumnya hari Minggu, media Iran melaporkan bahwa sebuah pesawat tak-berawak RQ -170 ditembak jatuh di perbatasan Timur setelah pesawat itu memasuki sebentar wilayah angkasa Iran.

Dengan mengutip sumber militer yang tidak disebut namanya, media itu mengatakan pesawat tersebut tidak rusak berat dan berada di tangan militer Iran. Sumber itu memperingatkan tanggapan militer atas pelanggaran wilayah angkasa Iran tidak akan terbatas di perbatasan negara itu.

Dalam pernyataan hari Minggu, koalisi yang dipimpin Amerika di Afghanistan mengatakan yang dimaksud Iran kemungkinan adalah sebuah pesawat tak berawak Amerika yang menerbangkan misi di Afghanistan barat pekan lalu dan sekarang hilang. Pernyataan itu mengatakan para operator pesawat itu kehilangan kendali atas pesawat tersebut dan sedang berusaha menentukan statusnya.

Bulan Juli lalu, seorang anggota parlemen Iran mengklaim bahwa Iran telah menembak jatuh pesawat mata-mata Amerika dekat tempat nuklir Fordu. Pengawal Revolusioner Iran kemudian membantah laporan itu.

XS
SM
MD
LG