Tautan-tautan Akses

Pejabat Afghan Klaim Capai Kemajuan dalam Pertempuran di Lashkar Gah


Pasukan khusus Afghanistan bersiap bertempur melawan Taliban di pinggiran Lashkar Gah ibukota Helmand, Afghanistan, 10 Oktober 2016.

Pasukan khusus Afghanistan bersiap bertempur melawan Taliban di pinggiran Lashkar Gah ibukota Helmand, Afghanistan, 10 Oktober 2016.

Pasukan keamanan di Afghanistan mengklaim telah mengusir Taliban dari beberapa bagian ibukota provinsi di selatan yang penting dan menimbulkan banyak korban jiwa di pihak oposisi. Sementara itu, perang yang dilancarkan pemberontak tampaknya telah surut di beberapa provinsi lainnya yang dilanda konflik.

Kelompok pemberontak melancarkan serangan besar terhadap Lashkar Gah, ibukota provinsi Helmand, sepekan silam, dan berhasil masuk ke beberapa bagian di kota yang hampir seluruhnya terkepung itu.

Puluhan tentara Afghanistan tewas dalam bentrokan yang kemudian terjadi berhari-hari dan lebih banyak lagi yang cedera. Hal ini mendorong militer Amerika melancarkan serangan udara untuk mendukung pasukan pemerintah.

Pasukan keamanan telah merebut kembali beberapa daerah yang sebelumnya diambil alih Taliban dengan dukungan artileri dan serangan udara, kata Gubernur Helmand Hayatullah Hayat kepada VOA hari Minggu (16/10).

Ofensif itu menewaskan 88 anggota Taliban, termasuk para pejuang asing, sementara sekitar 90 lainnya luka-luka, kata Hayat. [uh]

XS
SM
MD
LG