Tautan-tautan Akses

Pejabat: 37 Tewas dalam Rapat Perdamaian Sudan Selatan


Warga yang mengungsi akibat kekerasan di Sudan selatan (foto: dok).

Warga yang mengungsi akibat kekerasan di Sudan selatan (foto: dok).

Baku tembak terjadi pada pertemuan guna menyelesaikan pertikaian soal pencurian ternak di Mayendit, negarabagian Unity, Sudan Selatan.

Seorang pejabat di Sudan Selatan mengatakan 37 orang tewas ketika terjadi tembak menembak pada pertemuan guna menyelesaikan pertikaian mengenai ternak yang dicuri. Insiden itu terjadi hari Rabu di wilayah Mayendit, negarabagian Unity, Sudan Selatan.

Menteri Penerangan negarabagian tersebut, Gideon Gatpan, mengatakan tembak menembak acak dimulai setelah kawanan bersenjata dari negarabagian Lake menyerbu masuk ke pertemuan itu dan menembak pengawal pribadi komisaris polisi negarabagian Unity.

Mereka yang tewas adalah dari kedua komunitas di kedua negarabagian. Gatpan mengatakan serangan awal itu direncanakan.

Pertemuan itu diatur pemerintah Sudan Selatan dan PBB guna mencegah serangan balas dendam. Serangan terhadap ternak hari Sabtu di Tong timur, negarabagian Lake, menewaskan lebih dari 70 orang. Lebih dari 4.000 ternak dicuri.

Sudan Selatan menghadapi kemelut akibat serangan-serangan yang menewaskan ternak dan kekerasan antar suku sejak mendeklarasikan kemerdekaan dari Sudan bulan Juli.

Guna mencegah pertempuran lebih lanjut, pejabat-pejabat Unity menempatkan 200 petugas keamanan untuk berpatroli di wilayah yang tegang itu di perbatasan kedua negarabagian.

XS
SM
MD
LG