Tautan-tautan Akses

Pegawai Sipil Yunani Protes Langkah Penghematan


Para pegawai pemerintah di Athena, Yunani melakukan aksi pemogokan dua hari terhadap langkah baru penghematan.

Para pegawai pemerintah di Athena, Yunani, melakukan aksi pemogokan dua hari terhadap langkah baru penghematan yang diberlakukan untuk memenuhi syarat rencana pemberian paket bantuan oleh Uni Eropa dan IMF.

Para guru, pegawai rumah sakit dan pejabat pemerintah memprotes pemotongan gaji dan pajak baru, yang merupakan bagian dari prakarsa luas pemerintah untuk menanggulangi kesulitan ekonomi negara itu.

Pekerja sektor swasta menurut rencana juga akan bergabung dalam aksi protes itu pada hari Rabu esok, sementara aksi pemogokan umum di seluruh Yunani diduga akan menutup pelayanan jasa di seluruh negeri.

Komunitas Yunani memasang spanduk-spanduk raksasa di Acropolis, dengan tulisan “Rakyat Eropa Bangkit” dalam bahasa Yunani dan bahasa Inggris. Walaupun begitu, aksi demonstran tersebut tidak membuat turis berhenting mengunjungi monumen Acropolis yang terkenal di Yunani itu.

Uni Eropa dan IMF pada hari Minggu mengumumkan paket bantuan 146 milyar dolar bagi Yunani. Paket pinjaman itu mengharuskan pemerintah Yunani menempuh langkah penghematan nasional, termasuk mengurangi pengeluaran dan meningkatkan pajak. Paket bantuan tersebut diperkirakan akan didukung oleh para pemimpin Eropa pada KTT bulan ini.

XS
SM
MD
LG