Tautan-tautan Akses

Warga Nigeria Gelar Aksi Mogok Tolak Pencabutan Subsidi BBM


Warga Abuja, Ibukota Nigeria, berunjuk rasa menolak pencabutan subsidi BBM (6/1).
Warga Abuja, Ibukota Nigeria, berunjuk rasa menolak pencabutan subsidi BBM (6/1).

Rakyat Nigeria melakukan aksi mogok dan berunjuk rasa menentang kebijakan penghentian subsidi bahan bakar, Senin (9/1).

Rakyat Nigeria yang marah atas keputusan pemerintah untuk menghentikan subsidi bahan bakar di negeri itu, telah memulai pemogokan di seluruh negeri. Pemogokan tersebut dimulai seminggu setelah harga bahan bakar dan makanan naik drastis akibat penghentian subsidi tersebut.

Para demonstran berkumpul di kota-kota di Nigeria hari Senin, termasuk di ibukota perdagangan Lagos, di mana jalan-jalan yang biasanya ramai pedagang berubah menjadi ajang para demonstran.

Serikat-serikat buruh utama negara itu menyerukan diadakannya aksi mogok itu setelah aksi-aksi protes lebih kecil terjadi di beberapa daerah pekan lalu.

Antrian panjang terlihat di pasar-pasar dan di pom bensin di Nigeria hari Minggu selagi warga Nigeria memborong bahan-bahan perbekalan menjelang pemogokan itu.

Harga bensin di Nigeria naik dari kira-kira 40 sen per liter menjadi 80 sen per liter sejak penghentian subsidi tanggal 1 Januari. Pemotongan tersebut juga telah mengakibatkan kenaikan biaya transportasi di negara itu di mana kebanyakan orang hidup dengan kurang dari dua dolar per hari.

XS
SM
MD
LG