Tautan-tautan Akses

Pedagang Senjata Kelahiran Romania Dihukum 10 Tahun


Senjata hasil sitaan dari pemberontak Kolombia FARC, diperlihatkan di pangkalan militer Villavicencio, Kolombia (Foto: dok). Virgil Georgescu, pria kelahiran Romania dihukum penjara 10 tahun di Amerika karena berkomplot untuk menjual senjata khusus militer di Eropa.

Virgil Georgescu, pria kelahiran Romania dihukum penjara 10 tahun di Amerika karena berkomplot untuk menjual senjata khusus militer di Eropa.

Virgil Georgescu, warga negara Amerika yang lahir di Romania, dijatuhi hukuman hari Jumat di pengadilan Manhattan setelah dinyatakan bersalah oleh dewan juri awal tahun ini.

Georgescu ditangkap di Montenegro tahun 2014 dalam sebuah operasi oleh para petugas anti narkotika atau Drug Enforcement Administration Amerika. Jaksa menuduhnya bersekongkol dengan mantan pejabat pemerintah Romania dan mantan anggota Parlemen Italia untuk menjual berbagai jenis senjata.

Para petugas rahasia Amerika bertindak sebagai sekutu kelompok pemberontak Colombia FARC, mengatakan mereka sedang mencari senjata untuk menembak jatuh helikopter Amerika.

Pengacara Georgescu mengatakan bahwa kliennya bahkan menghubungi dinas intelijen pusat Amerika atau CIA pada tahun 2012 untuk memberitahu tentang komplotan penjualan senjata itu. tapi jaksa berpendapat bahwa Georgescu mungkin telah mengubah rencananya.

Asisten Jaksa Amerika Andrea Surratt mengatakan kepada hakim bahwa tujuan Georgescu adalah mengambil keuntungan walaupun hal itu akan mengakibatkan kematian orang amerika lainnya." Dia mengatakan Georgescu termotivasi oleh keserakahan.

Anggota komplotan Georgescu mengaku bersalah atas tuduhan terkait terorisme dan sepakat untuk memberikan kesaksian menentang Georgescu. Mereka masing-masing dijatuhi hukuman empat tahun penjara. [sp/isa]

XS
SM
MD
LG