Tautan-tautan Akses

PDI-P Pimpin Hasil Sementara Pemilu Legislatif


Warga menyaksikan penghitungan suara pemilu di sebuah TPS di Jakarta, Rabu (9/4).

Warga menyaksikan penghitungan suara pemilu di sebuah TPS di Jakarta, Rabu (9/4).

Partai oposisi utama Indonesia meraih paling banyak suara berdasarkan hasil pendahuluan pemilu legislatif hari Rabu (9/4).

Perhitungan tidak resmi sementara menunjukkan, Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) memperoleh hampir 20 persen suara, diikuti partai Golkar, dan Partai Gerindra.

Lebih dari 200 ribu kandidat dari 12 partai bersaing memperebutkan 20 ribu kursi di DPR dan DPRD.

Partai-partai itu memerlukan 25 persen suara nasional atau 20 persen kursi di parlemen untuk bisa meloloskan kandidat pilihan mereka untuk pemilu presiden. Jika tidak, koalisi harus dibentuk dengan satu atau lebih partai.

Jika hasil dikukuhkan, PDI-P kemungkinan besar perlu berkoalisi dengan kelompok lain untuk memungkinkan kandidat andalan mereka, Gubernur Jakarta Joko Widodo, mencalonkan diri dalam pemilu Presiden Juli mendatang.

Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi, populer karena reputasinya dalam transparansi dan pendekatan langsungnya dalam menangani pemerintahan.

Partai Demokrat, partai yang didirikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, diperkirakan hanya memperoleh suara di bawah 10 persen dan akan sulit bersaing dalam pemilu legislatif setelah munculnya serangkaian skandal korupsi tingkat tinggi.

Hasil resmi pemilu legislatif akan diumumkan tanggal 9 Mei. Pemilu Presiden akan dilangsungkan 9 Juli mendatang.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG