Tautan-tautan Akses

PBB Siap Adakan Pemungutan Suara Pemantau Suriah


Dubes Perancis untuk PBB Gerard Araud (Foto: dok).

Dubes Perancis untuk PBB Gerard Araud (Foto: dok).

Dewan Keamanan telah mencapai kesepakatan sementara mengenai resolusi yang hendak menambah jumlah pemantau PBB untuk gencatan senjata di Suriah dari 30 menjadi 300.

Duta besar Perancis untuk PBB Gerard Araud mengatakan Dewan akan bertemu hari Sabtu untuk pemungutan suara.

Aksi PBB itu terjadi setelah gencatan senjata yang diperantarai oleh utusan internasional Kofi Annan minggu lalu menunjukkan tanda-tanda diabaikan hari Jumat. Pasukan keamanan melepaskan tembakan ke arah demonstran dan menggempur kubu-kubu oposisi, sementara pemerintah menuding pemberontak melakukan pemboman mematikan.

Aktivis mengatakan ribuan demonstran menuntut pengunduran diri Presiden Bashar al-Assad di seantero Suriah. Di beberapa wilayah, demonstrasi berlangsung di bawah pengamanan ketat.

Kelompok-kelompok HAM mengatakan tentara Suriah menewaskan setidaknya 11 warga sipil, termasuk beberapa di pusat pergolakan di kawasan Homs.

Hivin Kako dari Syrian Observatory for Human Rights, kepada VOA melaporkan gempuran pemerintah di Homs.

Media pemerintah melaporkan, serangkaian serangan di seantero Suriah menewaskan setidaknya 18 tentara, termasuk 10 dalam ledakan dekat kawasan Dataran Tinggi Golan. Pemerintah menuding teroris bersenjata melakukan sebagian besar serangan.
XS
SM
MD
LG