Tautan-tautan Akses

PBB Upayakan Info Baru Kecelakaan Pesawat Tahun 1961


Foto tahun 1961 menunjukkan puing-puing pesawat DC6B yang membawa Sekjen PBB saat itu, Dag Hammarskjold, di sebuah hutan dekat Ndola, Zambia.

Foto tahun 1961 menunjukkan puing-puing pesawat DC6B yang membawa Sekjen PBB saat itu, Dag Hammarskjold, di sebuah hutan dekat Ndola, Zambia.

Penyidikan independen Juli lalu mengatakan ada informasi baru yang menunjukkan kecelakaan yang menewaskan Sekjen PBB itu mungkin bukan kecelakaan.

Majelis Umum PBB hari Kamis (19/11) meminta semua negara anggota, khususnya Inggris, Afrika Selatan dan Amerika, agar menyerahkan informasi apa saja yang mungkin mereka miliki mengenai kematian Sekretaris Jenderal Dag Hammarskjold tahun 1961.

Sekjen PBB itu tewas dalam kecelakaan pesawat dalam perjalanan untuk menengahi gencatan senjata di Katanga, negara yang memisahkan diri dan kini menjadi Republik Demokratik Kongo.

Penyidikan independen Juli lalu mengatakan ada informasi baru yang menunjukkan kecelakaan itu mungkin bukan kecelakaan.

Informasi baru itu mencakup saksi mata yang mengatakan mereka melihat pesawat lain di udara, sementara jet yang ditumpangi Hammarskjold mendekati bandara, dan saksi mata lain percaya pesawatnya terbakar sebelum menyentuh tanah.

Panel itu juga mengatakan dua perwira militer Amerika yang mendengar atau membaca transkrip transmisi radio dari pesawat Hammarskjold, menunjukkan pesawat itu mungkin diserang.

Majelis Umum PBB meminta setiap anggota agar merilis catatan yang relevan yang mungkin mereka punya mengenai kecelakaan pesawat tersebut. [ka]

XS
SM
MD
LG