Tautan-tautan Akses

PBB Tunjuk Utusan untuk Krisis Sahel


Mantan Perdana Menteri Italia dan Ketua Komisi Eropa, Romano Prodi ditunjuk sebagai utusan PBB untuk kawasan Sahel (foto: dok).

Mantan Perdana Menteri Italia dan Ketua Komisi Eropa, Romano Prodi ditunjuk sebagai utusan PBB untuk kawasan Sahel (foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki-Moon telah menunjuk seorang utusan khusus bagi wilayah Sahel di Afrika yang akan terfokus pada negara Mali yang kisruh itu.

Mantan Perdana Menteri Italia dan Ketua Komisi Eropa, Romano Prodi ditunjuk memegang jabatan yang baru dibentuk itu, hari Senin. Dalam sebuah pernyataan Ban mengatakan Prodi akan membantu membentuk dan memobilisasi tanggapan internasional atas apa yang disebut Sekjen PBB itu “krisis rumit yang melanda negara-negara dan rakyat” di Sahel itu.

Ban mengatakan prioritas awal Prodi adalah Mali, di mana kemarau dan pertempuran tahun ini telah menyebabkan ratusan ribu orang kehilangan tempat tinggal.


Berbicara kepada wartawan di Perancis hari Senin, Ban mengatakan “kelompok-kelompok teroris” memberlakukan hukum Islam di utara dan telah melakukan pelanggaran HAM yang tidak bisa diterima.

Pemerintahan sementara Mali dan blok Afrika Barat OCOWAS kini meminta dukungan PBB bagi pengiriman misi militer ke Mali yang akan membantu merebut kembali Mali utara dari tangan kelompok Islamis itu.
XS
SM
MD
LG