Tautan-tautan Akses

PBB Putuskan Tunda Perundingan Suriah di Jenewa


Pembicaraan perdamaian Suriah yang berlangsung di Jenewa, Swiss dihentikan sampai akhir Februari.

Pembicaraan perdamaian Suriah yang berlangsung di Jenewa, Swiss dihentikan sampai akhir Februari.

PBB hari Rabu (3/2) menghentikan pembicaraan perdamaian yang diliputi perpecahan di Jenewa sampai akhir Februari.

Utusan PBB Staffan de Mistura, yang menengahi dan melakukan pembahasan dengan wakil-wakil Presiden Suriah Bashar al-Asad, dan kelompok oposisi, mengatakan, penundaan sampai 25 Februari merupakan istirahat sementara dan bukan akhir dari upaya perdamaian Suriah.

Penghentian sementara datang sementara tentara Suriah mengklaim fihaknya berhasil mengakhiri pendudukan dua desa Syiah di Aleppo, dan memberi pemerintah Asad sebuah kemenangan besar.

Televisi pemerintah Suriah mengatakan, tentara Suriah dan milisi Shiah berhasil mematahkan blockade pembrontak selama tiga tahun di sekeliling Nubul dan Zahra. Kekalahan pembrontak ini memungkinkan pasukan Suriah menguasai rute suplai dari Aleppo ke perbatasan Turki.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov hari Rabu (3/2) mengatakan, Rusia tidak akan menghentikan serangan udara di Suriah sampai organisasi teroris di sana berhasil dikalahkan.

Lavrov spesifik menyebut Jabhat al-Nusra, organisasi terkait al-Qaida, sebagai sasaran serangan ini, dan katanya, dia tidak melihat alasan mengapa hal itu harus dihentikan.

Rusia dikecam oleh fihak Barat karena serangan udara di Suriah, katanya, Rusia memusatkan perhatian pada pembrontak oposisi yang melawan Assad, dan bukan militant ISIS. Hal ini berulang kali dibantah oleh Rusia. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG