Tautan-tautan Akses

PBB: Teroris di Nigeria Harus Diseret ke Pengadilan


Suasana sidang Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Suasana sidang Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Dewan Keamanan PBB menegaskan kemarahannya atas penculikan 276 pelajar putri tanggal 14 April dan delapan remaja putri tanggal 5 Mei oleh Boko Haram, dan menuntut pembebasan segera semuanya tanpa syarat.

Dewan Keamanan PBB hari Jumat (9/5) menyebut kelompok teroris Boko Haram di Nigeria bertanggungjawab terhadap yang mungkin adalah kejahatan terhadap kemanusiaan dan membayangkan kemungkinan kelompok itu dihukum.

Pernyataan yang disepakati ke-15 anggota Dewan adalah yang terkeras yang pernah dikeluarkan Dewan mengenai serangan teroris di Nigeria.

Dewan menegaskan kemarahannya atas penculikan 276 pelajar putri tanggal 14 April dan delapan remaja putri tanggal 5 Mei oleh Boko Haram, dan menuntut pembebasan segera semuanya tanpa syarat. Dewan juga mengutuk keras serangan teroris tanggal 5 Mei yang menyebabkan ratusan tewas dan luka-luka.

Seterusnya Dewan Keamanan mengatakan serangan yang dilakukan Boko Haram sejak tahun 2009 telah menimbulkan korban jiwa dalam skala besar dan mengancam stabilitas serta perdamaian di Afrika bagian barat dan tengah.
XS
SM
MD
LG