Tautan-tautan Akses

PBB, Suriah Sepakati Kerangka Baru Rencana Perdamaian


Utusan PBB-Liga Arab, Kofi Annan saat bertemu Presiden Suriah Bashar al-Assad di Damaskus (foto: dok). PBB dan pemerintah Suriah menyepakati kerangka baru bagi perdamaian (19/4).

Utusan PBB-Liga Arab, Kofi Annan saat bertemu Presiden Suriah Bashar al-Assad di Damaskus (foto: dok). PBB dan pemerintah Suriah menyepakati kerangka baru bagi perdamaian (19/4).

Pemerintah Suriah dan PBB telah menyepakati rencana untuk melaksanakan kesepakatan perdamaian yang diperantarai utusan PBB-Liga Arab Kofi Annan.

Jurubicara bagi Annan mengatakan kesepakatan itu menguraikan peran tim pemantau pendahulu di Suriah serta ketentuan gencatan senjata yang telah berlangsung sepekan antara pasukan pemerintah dan pasukan oposisi.

Jurubicara itu mengatakan para penengah sedang melangsungkan pembicaraan dengan wakil-wakil oposisi mengenai kesepakatan serupa.

PBB membahas kemungkinan memperbesar misi pemantau yang berkembang di tengah-tengah kekerasan yang terus berlanjut meskipun ada pernyataan gencatan senjata.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon hari Kamis mendesak Dewan Keamanan agar menambah jumlah pemantau di Suriah dari 30 menjadi 300 orang.

Duta Besar Jerman untuk PBB, Peter Wittig, mengajukan keberatan atas rencana itu dengan mengatakan bahwa Dewan pertama-tama harus memastikan bahwa keadaan di negara itu sudah baik sebelum mengirim kontingen yang lebih besar.

Aktivis HAM mengatakan pasukan pemerintah Suriah dan para pembangkang militer hari Kamis bentrok di kota Deir al-Zour, Suriah Timur. Kelompok pemantau HAM Suriah yang berbasis di Inggris itu mengatakan, bentrokan itu mengakibatkan satu orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka. Kelompok itu juga melaporkan adanya ledakan-ledakan keras dan tembakan artileri bertubi-tubi di pusat pemberontakan, Homs.
XS
SM
MD
LG