Tautan-tautan Akses

PBB: Suriah Perpanjang Gencatan Senjata di Homs


Palang Merah Suriah membantu seorang warga mengungsi dari kota Homs yang dikuasai pemberontak, Minggu (9/2).

Palang Merah Suriah membantu seorang warga mengungsi dari kota Homs yang dikuasai pemberontak, Minggu (9/2).

PBB berharap perpanjangan gencatan senjata akan membantu evakuasi lebih banyak warga sipil dan penyaluran bantuan di Homs.

Pemerintah dan oposisi di Suriah telah sepakat memperpanjang gencatan senjata selama tiga hari lagi di kota Homs yang terkepung.

Demikian menurut pernyataan Kepala Urusan Kemanusiaan PBB Valerie Amos menyambut baik kesepakatan itu yang tercapai beberapa hari setelah ia mengatakan para staf PBB dan Palang Merah Bulan Sabit Suriah “ditarget dengan sengaja” di kota itu.

Amos berharap jeda kemanusiaan itu akan membantu evakuasi lebih banyak warga sipil dan penyaluran bantuan yang sangat dibutuhkan di daerah tersebut. Lebih 800 orang telah diungsikan sejak Kamis dari kota yang dikuasai pemberontak itu.

Sementara itu hari Senin, para delegasi pemerintah dan oposisi Suriah memulai putaran kedua perundingan perdamaian di Jenewa.

Utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi bertemu kedua pihak secara terpisah untuk menetapkan isu-isu dalam agenda pembahasan, seperti kemungkinan pembentukan pemerintahan transisi dan bantuan kemanusiaan di daerah-daerah yang terkepung.

Pemblokiran akses ke Homs selama setahun oleh pasukan pemerintah Suriah telah mengakibatkan kelangkaan pangan yang parah, dan PBB mengatakan 2.500 orang telah terlantar sejak pertengahan 2012.

Lebih 130.000 orang telah tewas dan sembilan juta lainnya terpaksa mengungsi sejak konflik itu pecah tahun 2011.
XS
SM
MD
LG