Tautan-tautan Akses

Pakar HAM PBB: Suriah dalam Kondisi ‘Terjun Bebas’


Paulo Pinheiro, Ketua komisi PBB yang menyelidiki pelanggaran HAM di Suriah (foto: dok).

Paulo Pinheiro, Ketua komisi PBB yang menyelidiki pelanggaran HAM di Suriah (foto: dok).

Paulo Pinheiro memberitahu Majelis Umum PBB hari Senin (29/7) bahwa pembantaian dan pembunuhan tidak berdasar lainnya dilakukan tanpa hukuman' di Suriah.

Ketua komisi PBB yang menyelidiki pelanggaran HAM di Suriah mengatakan negara itu dalam keadaan `` terjun bebas'' dan telah menjadi medan perang di mana warga sipil merupakan korban utama ``aksi teror” mulai dari penembakan membabi-buta sampai pemerkosaan dan pembunuhan sektarian .

Paulo Pinheiro memberitahu Majelis Umum PBB hari Senin bahwa “pembantaian dan pembunuhan tidak berdasar lainnya dilakukan tanpa hukuman'' - kebanyakan oleh pasukan pro-pemerintah dan sebagian oleh kelompok bersenjata anti-pemerintah.

Dia menuntut agar pemerintah berhenti menggunakan senjata yang tidak tepat arahnya seperti rudal yang tidak diarahkan terhadap wilayah sipil, dan mengatakan kedua belah pihak harus berhenti mengepung kota-kota, yang menghentikan pasokan vital seperti pangan, air, obat-obatan dan listrik.

Pinheiro mengatakan komunitas internasional harus menuntut solusi diplomatik atas konflik 2.5 tahun itu yang telah menewaskan lebih dari 100.000 orang.
XS
SM
MD
LG