Tautan-tautan Akses

PBB: Sudan Jatuhkan Bom Dekat Kamp Pengungsi


Kepala penjaga perdamaian PBB Herve Ladsous mengkonfirmasi bahwa angkatan bersenjata Sudan menjatuhkan dua bom dekat kamp pengungsi.

Kepala penjaga perdamaian PBB Herve Ladsous mengkonfirmasi bahwa angkatan bersenjata Sudan menjatuhkan dua bom dekat kamp pengungsi.

Seorang pejabat PBB mengatakan Sudan bertanggungjawab atas pemboman hari Kamis dekat kamp pengungsi di Sudan Selatan.

Kepala penjaga perdamaian PBB Herve Ladsous hari Jumat mengatakan, konfirmasi keterlibatan Sudan dalam serangan itu didapat dari Misi PBB di Sudan Selatan.

Menurut Ladsous, angkatan bersenjata Sudan menjatuhkan setidaknya dua bom dekat kamp pengungsi Yida, yang menampung sekitar 10 ribu pengungsi yang lari dari pertempuran di negara bagian Kordofan di Sudan.

Sudan membantah mengebom wilayah Sudan Selatan. Seorang pejabat lokal melaporkan, 12 tewas akibat serangan itu, tapi Ladsous mengatakan jumlah korban belum diketahui. Ditambahkan, kamp itu dekat pangkalan SPLA, tentara yang melawan SAF dalam perang saudara antara Sudan utara dan Sudan Selatan.

Pemboman itu menuai kecaman dari Amerika dan badan urusan pengungsi PBB. Hari Jumat, komisaris HAM PBB Navi Pillay menyerukan penyelidikan atas serangan tersebut.

Sedangkan Dutabesar Sudan untuk PBB Daffa-Alla Elhag Ali Osman hari Jumat memberitahu wartawan setelah pertemuan Dewan Keamanan yang membahas masalah itu bahwa laporan-laporan itu mengada-ada dan bahwa tidak ada pemboman di kamp-kamp pengungsi.

XS
SM
MD
LG