Tautan-tautan Akses

PBB Setujui Resolusi Kutuk Rencana Pembunuhan Dubes Saudi untuk AS


Adel al-Jubeir, Duta Besar Arab Saudi Untuk Amerika (foto: dok).

Adel al-Jubeir, Duta Besar Arab Saudi Untuk Amerika (foto: dok).

Amerika menuduh para agen terkait Garda Revolusi Iran terlibat dalam sebuah rencana untuk membunuh Dubes Adel al-Jubeir Oktober lalu.

Sidang Umum PBB telah menyetujui sebuah resolusi mengutuk dugaan rencana untuk membunuh Duta Besar Arab Saudi Untuk Amerika. Sidang Umum PBB hari Jumat tidak secara langsung menuduh Iran berada di balik rencana pembunuhan itu, tetapi telah mendesak Teheran untuk bekerjasama dalam penyelidikan.

Amerika pada bulan Oktober menuduh para agen yang terkait Garda Revolusi Iran yang berkuasa, terlibat dalam sebuah rencana untuk membunuh Adel al-Jubeir – Duta Besar Arab Saudi Untuk Amerika, di sebuah restoran di Washington.

Iran telah membantah keterlibatan apapun. Mohammad Khazae – Duta Besar Iran Untuk PBB tidak berhasil menghapus semua acuan pada Teheran dari resolusi yang digagas Arab Saudi itu. Ia kemudian mengatakan membawa kasus ini ke Sidang Umum PBB merupakan “preseden berbahaya” untuk menyelesaikan masalah politik.

Seorang laki-laki yang didakwa terlibat dalam rencana itu – seorang warga keturunan Iran yang memiliki kewarganegaraan Amerika – telah ditangkap dan mengaku tidak bersalah. Laki-laki kedua diyakini berada di Iran dan belum ditahan.

Keduanya diduga menyewa seorang laki-laki yang mereka yakini sebagai anggota kartel narkoba Meksiko, untuk melakukan serangan tersebut – apakah dengan meledakkan bom atau dengan menembak duta besar tersebut. Tetapi calon pembunuh tersebut merupakan seorang informan yang dibayar oleh pihak berwenang Amerika, dan memberitahu seluruh rincian rencana itu serta mencegahnya sebelum terjadi.

XS
SM
MD
LG