Tautan-tautan Akses

PBB Serukan Presiden Suriah Mundur


Sekjen PBB Ban Ki Moon (Foto: dok).

Sekjen PBB Ban Ki Moon (Foto: dok).

Majelis Umum PBB menyetujui resolusi yang mengutuk pelanggaran HAM Suriah dan menuntut Presiden Bashar al-Assad mundur dari jabatannya.

Resolusi hari Kamis (16/2) itu tidak mengikat, tetapi mencerminkan opini dunia secara menyeluruh terhadap situasi di Suriah.

137 negara menyatakan “ya”, 12 negara mengatakan tidak setuju. 17 negara abstain. Rusia dan Tiongkok, yang memveto resolusi serupa di Dewan Keamanan, termasuk di antara negara yang abstain.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon Kamis pagi menuduh pemerintahan Presiden al-Assad melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan. Sekjen PBB menuntut pasukan keamanan Suriah menghentikan penggunaan artileri dan penggunaan kekuatan terhadap warga madani.

Organisasi Pengamatan HAM Suriah yang berbasis di London memberitahu VOA sedikitnya 24 orang tewas di seluruh pelosok Suriah hari Kamis, termasuk empat orang dalam bentrokan di Daraa dan 14 orang dalam serangan pemerintah ke daerah pembangkang di dekat Hama.

Kelompok HAM mengatakan lebih dari 6.000 orang tewas sejak pasukan pendukung al-Assad mulai menindak para pemrotes anti pemerintah tahun lalu. PBB tidak memperbarui data mengenai jumlah korban tewas bulan Januari, denan mengatakan telalu sulit untuk memperoleh informasi.

XS
SM
MD
LG