Tautan-tautan Akses

PBB Serukan Pekerjaan Layak dan Adil bagi Semua


Buruh Afghanistan di pabrik batu bata bekerja saat matahari bekerja, di pinggiran kota Kabul, Afghanistan, Senin, 20 April 2015. (Foto: ilustrasi)

Buruh Afghanistan di pabrik batu bata bekerja saat matahari bekerja, di pinggiran kota Kabul, Afghanistan, Senin, 20 April 2015. (Foto: ilustrasi)

PBB mengatakan dua miliar orang telah memperbaiki nasib mereka dan keluar dari kemiskinan dalam 25 tahun terakhir.

Index Pembangunan Manusia oleh Program Pembangunan PBB (UNDP) menyerukan adanya pekerjaan yang memberikan pendpatan layak bagi semua orang. Laporan itu diumumkan hari Senin di ibukota Ethiopia, Addis Ababa.

“Pekerjaan adalah hal penting bagi kemajuan manusia,” kata laporan itu. “Dari 7,3 miliar orang penduduk dunia, 3,2 miliar diantaranya bekerja, dan banyak lainnya melakukan kerja sukarela atau mempersiapkan diri sebagai pekerja di masa depan. Kemajuan teknologi yang pesat, globalisasi yang semakin meluas, penduduk yang menua dan tantangan ekonomi mengubah arti kata “bekerja” saat ini dan bagaimana pekerjaan itu dilakukan.”

Pekerjaan yang layak menyumbang pada kesejahteraan ekonomi dan kehidupan manusia, kata pejabat UNDP Helen Clark. Dia mengatakan, “Semua negara perlu merespon tantangan di dunia baru dan merebut peluang untuk memperbaiki kehidupan dan mata pencaharian.”

Menurut PBB, 830 juta orang kini tergolong pekerja miskin yang hidup dengan kurang dari dua dolar sehari. Lebih dari 200 juta orang, termasuk 74 juta pemuda, juga tergolong pengangguran, sementara 21 juta orang menjadi buruh kerja paksa.

Laporan itu merincikan meskipun perempuan melakukan 52 persen dari semua pekerjaan secara global, masih ada ketimpangan dalam hal distribusi pekerjaan. [vm/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG