Tautan-tautan Akses

PBB Luncurkan Strategi untuk Atasi Kolera di Haiti


Para penderita kolera, termasuk anak-anak menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Haiti.

Para penderita kolera, termasuk anak-anak menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Haiti.

Wabah kolera Haiti telah menewasakan 800 orang lebih sejak pertamakali terdeteksi bulan lalu, dan lebih 11.000 orang dirawat di rumah sakit.

PBB mengumumkan strategi baru yang dirancang untuk membantu mendukung tanggapan pemerintah Haiti terhadap epidemi kolera.

Dalam pernyataan hari Jumat, PBB mengatakan wabah kolera di Haiti terus meluas, dengan lebih dari 800 orang tewas dan lebih dari 12 ribu dirawat di rumahsakit sejak wabah itu pertama kali dikukuhkan akhir bulan lalu.

PBB mengatakan strategi tanggapan baru itu mencakup proyek-proyek dari 42 lembaga non-pemerintah, lima badan PBB dan Organisasi Internasional untuk Migrasi. Departemen Kesehatan Masyarakat dan Penduduk Haiti akan terus memimpin upaya itu.

Strategi tersebut mencakup pendekatan publik, reaksi cepat, akses ke layanan kesehatan, dan memastikan air bersih, sanitasi dan pengelolaan limbah. Untuk mendanai strategi itu, PBB menyampaikan permohonan bantuan sekitar 164 juta dolar.

Di ibukota Haiti, Port-au-Prince, 10 kematian telah dikukuhkan. Kantor urusan kemanusian PBB mengatakan, tidak jelas berapa banyak kasus kolera benar-benar eksis di negara itu.

Petugas kesehatan khawatir terjadi ledakan kolera di ibukota yang padat, tempat ratusan ribu orang hidup di tenda-tenda yang kotor sejak gempa Januari lalu, yang memorakmorandakan Haiti.

XS
SM
MD
LG