Tautan-tautan Akses

PBB Selidiki Tuduhan Baru Kekerasan Seksual oleh Penjaga Perdamaian


Pasukan penjaga perdamaian PBB ambil bagian dalam upacara di Bangui, Republik Afrika Tengah. (Foto: Dok)

Pasukan penjaga perdamaian PBB ambil bagian dalam upacara di Bangui, Republik Afrika Tengah. (Foto: Dok)

Kejadian-kejadian yang dilaporkan oleh kelompok advokasi melibatkan personel PBB dan non-PBB serta kelompok-kelompok bersenjata setempat.

PBB mengatakan sedang menyelidiki tuduhan-tuduhan baru mengenai eksploitasi dan kekerasan seksual “yang sangat memprihatinkan” oleh anggota pasukan penjaga perdamaian di Republik Afrika Tengah (C.A.R.).

Kejadian-kejadian yang dilaporkan oleh kelompok advokasi yang berkantor pusat di Amerika, AIDS-Free World's Code Blue Campaign, kepada PBB itu katanya terjadi antara tahun 2013 sampai 2015 di wilayah Kamo, C.A.R dan melibatkan personel PBB dan non-PBB serta kelompok-kelompok bersenjata setempat.

Tim penyidik PBB mengatakan kontingen penjaga perdamaian yang terlibat berasal dari Burundi dan Gabon. Unit-unit itu sudah diperintahkan untuk tidak keluar dari kamp-kamp mereka selagi penyidikan dilakukan. Tuduhan-tuduhan juga diarahkan terhadap pasukan Sangaris Perancis di daerah yang sama.

Code Blue Campaign mengatakan kekerasan itu menimpa sekurangnya 98 anak perempuan serta termasuk tuduhan kontak seksual dengan binatang. [my/ds]

XS
SM
MD
LG