Tautan-tautan Akses

PBB: 1 Juta Anak-Anak Telah Mengungsi dari Suriah


Pengungsi Suriah beristirahat di salah satu kemah penampungan pengungsi di pinggiran kota Arbil, wilayah Kurdi, Irak (20/8).

Pengungsi Suriah beristirahat di salah satu kemah penampungan pengungsi di pinggiran kota Arbil, wilayah Kurdi, Irak (20/8).

Badan urusan anak-anak dan pengungsi PBB menyatakan jumlah anak-anak yang telah melarikan diri dari kekerasan di Suriah mencapai satu juta orang, Jumat (23/8).

UNICEF dan Komisi Tinggi PBB urusan Pengungsi menyatakan, pengungsi anak-anak Suriah berlindung di Lebanon, Yordania, Turki, Irak dan Mesir, serta di Afrika Utara dan Eropa. Sementara dua juta anak-anak lainnya telantar di dalam wilayah negara itu sendiri.

Tetapi, kedua badan PBB itu menyatakan mereka yang mengungsi terancam menjadi pekerja anak-anak, pernikahan dini, dan kemungkinan eksploitasi seksual atau perdagangan manusia.

Para pakar PBB memperkirakan sekitar 768 ribu pengungsi anak-anak Suriah berusia di bawah 11 tahun.

PBB menyatakan masing-masing dari satu juta pengungsi anak-anak yang mereka hitung itu telah dicatat namanya. PBB juga menyatakan organisasi-organisasi PBB sedang berupaya mendapatkan akte kelahiran bagi para pengungsi yang lahir dalam pengasingan untuk mencegah mereka tidak memiliki kewarganegaraan.
XS
SM
MD
LG