Tautan-tautan Akses

PBB Sambut Terpilihnya Poroshenko Sebagai Presiden Baru Ukraina


Duta Besar Ukraina untuk PBB Yuriy Sergeyev.

Duta Besar Ukraina untuk PBB Yuriy Sergeyev.

Duta Besar Ukraina untuk PBB Yuriy Sergeyev mengatakan bahwa dukungan pada presiden baru dari seluruh Ukraina mengukuhkan keinginan kuat rakyat akan persatuan nasional.

Dewan Keamanan PBB menyambut baik terpilihnya Petro Poroshenko sebagai presiden baru Ukraina, dan mendesak semua pihak agar menghentikan pertempuran dan memulai pembicaraan.

Duta Besar Ukraina untuk PBB Yuriy Sergeyev memberitahu Dewan Keamanan Rabu (28/5) bahwa dukungan pada presiden baru dari seluruh Ukraina mengukuhkan keinginan kuat rakyat akan persatuan nasional. Ia mendesak Rusia supaya menghentikan campur tangan dan memancing kaum nasionalis.

Tetapi, Duta Besar Rusia Vitaly Churkin mengatakan pemilihan itu tidak menghilangkan masalah, meskipun misalnya Kremlin berjanji akan menghormati hasilnya.

Poroshenko memberitahu surat kabar Jerman “Bild” bahwa ia akan berusaha mengadakan pembicaraan langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin ketika keduanya menghadiri peringatan invansi Normandy (D-Day) pekan depan di Perancis.

Sebelumnya Rabu, separatis pro-Rusia berusaha memukul mundur satuan Pengawal Nasional Ukraina di Luhansk. Jumlah korban tidak jelas.
XS
SM
MD
LG