Tautan-tautan Akses

PBB Sambut Baik Perjanjian Kemanusiaan Untuk Kota Di Suriah


Valerie Amos

Valerie Amos

PBB menyambut baik laporan dari Suriah tentang adanya rencana untuk memungkinkan warga sipil meninggalkan beberapa daerah di kota Homs yang terkepung.

Juru bicara PBB mengatakan Koordinator Bantuan Darurat Valerie Amos menyambut baik kesepakatan jeda demi kemanusiaan itu yang akan memungkinkan warga sipil meninggalkan kota tua Homs dan mengizinkan para petugas untuk memberi bantuan bagi kira-kira 2.500 orang.

Juru bicara itu hari Kamis mengatakan PBB dan mitra-mitra badan kemanusiaannya telah menyiapkan makanan, obat-obatan dan perlengkapan lainnya tidak jauh dari Homs, dan siap menyalurkan bantuan dengan segera setelah mereka menerima jaminan keamanan perjalanan.

Juru bicara PBB belum dapat mengkonfirmasi perjanjian itu, yang diumumkan Kamis pagi oleh media pemerintah Suriah. Juru bicara PBB mengatakan kepada VOA bahwa pembahasan mengenai kesepakatan itu masih berlangsung.

Kota tua Homs telah terputus dari bantuan kemanusiaan selama lebih dari setahun.

Kantor berita pemerintah Suriah, SANA mengatakan pemerintah dan PBB telah mencapai kesepakatan yang akan memungkinkan sejumlah warga sipil dapat meninggalkan kota tua itu.

Kantor berita tersebut mengatakan kesepakatan itu mencakup warga sipil, termasuk perempuan, anak-anak, orang tua dan korban cedera. Status warga sipil laki-laki tidak jelas dalam kesepakatan itu.
XS
SM
MD
LG