Tautan-tautan Akses

PBB Prihatin Perang di Ukraina Timur


Peta wilayah Debaltseve, Donetsk dan Mairupol di Ukraina.

Peta wilayah Debaltseve, Donetsk dan Mairupol di Ukraina.

Wakil Sekretaris Jenderal PBB Urusan Politik, Jeffery Feltman, mendesak Rusia agar menggunakan pengaruhnya di kalangan pemberontak separatis untuk menghentikan pertempuran.

Seorang juru bicara militer Ukraina mengatakan, sembilan tentara tewas dan 29 lainnya cedera dalam pertempuran yang terus berlangsung di Ukraina timur sejak hari Senin, sementara kepala bidang politik PBB menyatakan keprihatinannya terhadap konflik yang kian bergolak, yang melanggar undang-undang kemanusiaan itu.

Juru bicara militer Vladislav Seleznyov mengatakan, pertempuran itu adalah yang paling tegang dekat kota Debaltseve yang strategis, sebelah timur laut kota Donetsk yang dikuasai pemberontak.

Wakil Sekretaris Jenderal PBB Urusan Politik, Jeffery Feltman, menyampaikan dalam sidang daruratDK PBB, hari Senin, penembakan kota pelabuhan Mariupol yang dikuasai pemerintah, hari Sabtu, datang dari wilayah yang dikuasai pemberontak, yang dengan sengaja menargeti penduduk sipil.

Feltman mendesak Rusia agar menggunakan pengaruhnya di kalangan pemberontak separatis untuk menghentikan pertempuran. Duta besar AS untuk PBB, Samantha Power, menuduh Rusia berusaha merebut lebih banyak wilayah lagi, dan mengatakan Rusia sedang berusaha membodohi masyarakat internasional dengan menyalahkan pemerintah Ukraina atas terjadinya peningkatan kekerasan.

XS
SM
MD
LG