Tautan-tautan Akses

PBB Prihatin Atas Kondisi Mengerikan di Penjara Brazil


Penjara Carandiru yang dirobohkan di Sao Paulo, Brazil, tempat pembunuhan massal pada 1992 yang menewaskan 111 orang. (Foto: Dok)

Penjara Carandiru yang dirobohkan di Sao Paulo, Brazil, tempat pembunuhan massal pada 1992 yang menewaskan 111 orang. (Foto: Dok)

Pernyataan PBB menyusul kemunculan sebuah video yang memperlihatkan pemenggalan kepala dalam satu penjara pekan ini.

Kantor urusan hak asasi manusia PBB mengatakan mereka prihatin dengan keadaan yang mengerikan di penjara-penjara Brazil setelah video yang memperlihatkan pemenggalan kepala dalam satu penjara muncul pekan ini.

PBB mengatakan Rabu (8/1) pihaknya mendesak pihak berwenang Brazil melakukan penyelidikan yang netral segera dan memulihkan ketertiban dalam penjara Pedrinhas.

Para pejabat di negara bagian Maranhao, Brazil timur laut, menyebut pemenggalan kepala itu tindak kebiadaban dan mengatakan mereka sedang menyelidiki apakah video itu asli.

Para pejabat Maranhao juga menuduh para pemimpin komplotan penjahat yang dipenjarakan memerintahkan rekan-rekannya di luar penjara untuk membakar sebuah bus kota sebagai pembalasan atas penindakan oleh para sipir penjara. Seorang anak perempuan berusia enam tahun tewas karenanya.

Keadaan di seluruh penjara Brazil terkenal brutal karena berjubel dan perkelahian antar komplotan narapidana.
XS
SM
MD
LG