Tautan-tautan Akses

PBB: Pihak Berkonflik di Yaman Agar Capai Kesepakatan


Pengunjuk rasa meneriakkan slogan anti kelompok Muslim Syiah Houthi di Taiz, Yaman (16/2/2015).

Pengunjuk rasa meneriakkan slogan anti kelompok Muslim Syiah Houthi di Taiz, Yaman (16/2/2015).

Utusan PBB untuk Yaman mengatakan partai-partai politik yang bersaing semakin dekat untuk meraih kesepakatan yang dapat mencegah negara itu terjerumus ke dalam perang saudara.

Partai-partai politik yang bersaing, termasuk para pemberontak Syiah yang baru-baru ini merebut kekuasaan di negara mayoritas Sunni itu, semakin dekat untuk meraih kesepakatan yang dapat mencegah negara itu terjerumus ke dalam perang saudara, demikian disampaikan utusan PBB untuk Yaman.

Jamal Benomar menyatakan di laman Facebook-nya hari Jumat, “Kami mengambil langkah penting pagi ini untuk mencapai kesepakatan politik untuk mengakhiri krisis sekarang ini.”

Mohammed Albasha, juru bicara kedutaan Yaman di AS, memberitahu VOA menyusul pengumuman itu bahwa perjanjian untuk mengganti para anggota majelis tinggi parlemen dengan dewan transisi yang baru merupakan langkah yang benar.

Utusan PBB Benomar mengatakan isu-isu yang belum tuntas termasuk status presiden.

Yaman telah dilanda pergolakan politik sejak para pemberontak Houthi merebut ibukota, Sana’a, bulan September.

Dewan Keamanan PBB mengesahkan sebuah resolusi hari Minggu yang menuntut para pemberontak Houthi untuk memulihkan pemerintahan Sana’a dan membebaskan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi yang didukung AS, yang ditahan bulan lalu bersama para menterinya ketika pemberontak menggulingkan pemerintah.

Resolusi itu juga menyerukan para pemberontak yang didukung Iran untuk berunding dengan “niat baik” dalam pembicaraan perdamaian yang dimediasi PBB itu.

XS
SM
MD
LG