Tautan-tautan Akses

PBB Pertanyakan Legitimasi Pemilu Legislatif Haiti


Mantan bintang pop Michel Martelly memenangkan pilpres, tapi partainya kalah dalam pemilu legislatif.

Mantan bintang pop Michel Martelly memenangkan pilpres, tapi partainya kalah dalam pemilu legislatif.

PBB mempertanyakan mengapa pemerintah Haiti membalikkan hasil sebagian pemilihan legislatif yang menguntungkan partai Presiden Preval.

PBB dan negara-negara donor utama Haiti, termasuk Amerika, mempertanyakan kemungkinan kecurangan dalam penghitungan hasil akhir pemilu legislatif negara tersebut.

Hasil akhir pemilihan yang diumumkan pekan ini menunjukkan pemerintah membalikkan hasil 18 daerah pemilihan legislatif dari total suara yang diumumkan pada awal bulan. Semua kecuali dua dari hasil yang dibalikkan mendukung calon dari Partai Persatuan yang berkuasa, yang dipimpin Presiden Rene Preval yang kalah pada pilpres.

PBB mengatakan hasil tersebut menandakan keprihatinan serius akan legitimasi keseluruhan penghitungan-suara.

Sebuah kelompok yang terdiri dari 12 senator, Sabtu, menuduh Partai Persatuan dan Presiden Preval memanipulasi hasil suara dan menyerukan pembentukan sebuah komisi independen untuk menyelidiki.

Hasil akhir memberi Partai Persatuan 46 kursi dari 99 kursi di Chamber of Deputies dan 17 dari 30 kursi di Senat.

Mantan bintang pop Michel Martelly memenangkan pemilu presiden dengan dua pertiga suara, tapi partainya yang masih baru, Reypons Peysan, hanya memenangkan tiga kursi legislatif. Martelly mengatakan hasilnya tidak dapat diterima dan tidak mencerminkan kehendak rakyat.

Anggota baru parlemen dijadwalkan untuk mengambil sumpah jabatan, Senin.

XS
SM
MD
LG