Tautan-tautan Akses

PBB Perpanjang Bantuan Lintas Perbatasan Suriah


Kamp para pengungsi Suriah di Atmeh, provinsi Idlib, Suriah utara (foto: dok).

Kamp para pengungsi Suriah di Atmeh, provinsi Idlib, Suriah utara (foto: dok).

DK PBB Rabu (17/12) menyetujui resolusi perpanjangan satu tahun pengiriman bantuan kemanusiaan lintas batas ke wilayah-wilayah yang dikuasai pemberontak Suriah.

DK PBB telah mengotorisasi perpanjangan satu tahun pengiriman bantuan kemanusiaan lintas batas ke wilayah-wilayah Suriah yang dikuasai pemberontak tanpa izin dari pemerintah Suriah.

Resolusi yang disetujui dengan suara bulat oleh DK pada hari Rabu (17/12) itu mengizinkan pengiriman bantuan, pada empat pos perbatasan di Turki, Irak dan Yordania. Perpanjangan itu akan berlaku sampai Januari 2016.

PBB mengatakan 12,2 juta warga Suriah kini memerlukan bantuan kemanusiaan, 7,6 juta mengungsi di Suriah dan hampir 4 juta lebih di Turki, Lebanon, Yordania, Irak dan Mesir.

Minggu lalu (9/12), PBB mendesak agar lebih banyak negara anggotanya bersedia menerima pengungsi Suriah, guna meringankan beban lebih dari tiga juta pengungsi yang melarikan diri ke negara-negara tetangga Suriah.

PBB sedang kesulitan memenuhi keperluan dana untuk melakukan program-program kemanusiaan di Suriah, di mana lebih dari sembilan juta orang kini mengungsi akibat perang saudara dan ofensif oleh militan ISIS.

XS
SM
MD
LG