Tautan-tautan Akses

PBB: Perlawanan Pemberontak LRA di Afrika Melemah


Kepala Kantor Regional PBB untuk Afrika Tengah, Abou Moussa (Foto: dok).

Kepala Kantor Regional PBB untuk Afrika Tengah, Abou Moussa (Foto: dok).

Kepala Kantor Regional PBB untuk Afrika Tengah, Abou Moussa, Senin (12/5), mengatakan bahwa kampanye militer yang dipimpin Afrika dan pembelotan oleh pemberontak telah melemahkan pemberontak LRA.

Seorang pejabat PBB mengatakan kegiatan pemberontak Tentara Perlawanan Tuhan (LRA) telah sangat berkurang , tetapi ia juga mengatakan bahwa "tidak ada ruang untuk berpuas diri " sementara pemimpin kelompok itu Joseph Kony masih beroperasi .

Abou Moussa, Kepala Kantor Regional PBB untuk Afrika Tengah, mengatakan kepada Dewan Keamanan pada hari Senin (12/5) bahwa kampanye militer yang dipimpin Afrika dan pembelotan oleh pemberontak telah melemahkan LRA. Dia mengatakan hasilnya telah terus menurunnya jumlah pembunuhan, penculikan dan orang-orang yang dipaksa meninggalkan rumah mereka oleh para pemberontak . Dia mengatakan dia pikir Kony akan segera tertangkap.

Sebuah laporan dari Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pekan lalu mengatakan ada sumber yang dapat dipercaya yang mengatakan Kony dan komandan senior LRA lainnya baru-baru ini mencari tempat yang aman di daerah yang dikenal sebagai Kafia Kingi yang dikuasai oleh Sudan .

Moussa memperingatkan bahwa Kony secara teratur bergerak di sekitar wilayah hutan yang melintasi perbatasan Sudan, Sudan Selatan dan Republik Afrika Tengah (CAR) , dan bahwa sebagian besar aktivitas LRA sekarang berada dalam CAR.
XS
SM
MD
LG