Tautan-tautan Akses

PBB Peringatkan Bahaya Limbah Elektronik


Limbah elektronik

Limbah elektronik

Sebuah laportan menyatakan berat limbah barang elektronik setiap tahun di seluruh dunia akan meningkat menjadi 65,4 juta metrik ton pada 2017.

PBB memprediksi jumlah limbah elektronik yang dibuang setiap tahun di seluruh dunia akan meningkat 33 persen pada tahun 2017.

Prakarsa PBB untuk "Memecahkan Masalah Limbah Elektronik” mengeluarkan laporan hari Minggu yang mengatakan bahwa berat barang-barang elektronik yang dibuang setiap tahun di seluruh dunia akan meningkat menjadi 65,4 juta metrik ton pada tahun 2017, dan sebagian besar peningkatan itu berasal dari negara-negara berkembang.

Aliansi organisasi-organisasi PBB, kelompok-kelompok akar rumput dan kalangan industri mengatakan Tiongkok memiliki volume tertinggi barang-barang elektronik yang dipasarkan tahun lalu, dan Amerika menempati peringkat kedua. Jika digabungkan, negara-negara berkembang dan yang ekonominya baru mencuat telah menghasilkan banyak limbah elektronik sebesar yang dihasilkan negara-negara maju.

Limbah elektronik yang didefinisikan sebagai apa saja yang menggunakan baterai atau kabel listrik – sering mengandung bahan yang beracun bagi manusia dan lingkungan.

Penelitian menyerukan pemantauan lebih baik terhadap ekspor limbah elektronik, dengan mengatakan tiadanya sistim pelaporan yang konsisten membuatnya sulit untuk merumuskan aturan-aturan yang efektif bagi cara pengelolaan limbah elektronik.
XS
SM
MD
LG