Tautan-tautan Akses

PBB: Penggunaan Senjata Kimia di Suriah Kejahatan terhadap Kemanusiaan


Seorang anak yang selamat dari serangan gas menangis di dalam tempat peampungan di sebuah masjid di wilayah Duma, Damaskus (21/8).

Seorang anak yang selamat dari serangan gas menangis di dalam tempat peampungan di sebuah masjid di wilayah Duma, Damaskus (21/8).

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan setiap penggunaan senjata kimia di Suriah merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan yang akan mengakibatkan konsekuensi serius jika tuduhan itu terbukti benar.

Dalam kunjungannya ke Seoul, Jumat (23/8) Sekjen PBB Ban Ki-moon menyatakan bahwa penggunaan senjata kimia dalam keadaan apapun juga akan melanggar hukum internasional.

Para pemimpin oposisi dan aktivis Suriah menuduh pemerintah Suriah menggunakan gas beracun dalam serangan artileri dan roket terhadap kawasan-kawasan pinggiran kota Damaskus yang dikuasai pemberontak pada hari Rabu.

Mereka mengatakan ratusan warga sipil tewas dan melansir video yang menayangkan banyak mayat orang dewasa dan anak-anak tergeletak di tanah tanpa ada tanda-tanda luka. Jumlah maupun penyebab kematian itu tidak dapat dikukuhkan secara independen.

Pemerintahan Assad telah menyangkal menggunakan senjata kimia dalam pertempuran hari Rabu. Pemerintah menuduh oposisi menggunakan senjata kimia sebelumnya tahun ini di dekat Aleppo. Satu tim PBB telah berada di lapangan di Suriah untuk menyelidiki tuduhan-tuduhan itu.
XS
SM
MD
LG