Tautan-tautan Akses

PBB: Pasukan Sudan Lakukan Pelanggaran HAM di Kordofan Selatan


'Satellite Sentinal Project' mengumpulkan informasi pelanggaran HAM di Kordofan selatan berdasarkan foto-foto satelit (foto: dok).

'Satellite Sentinal Project' mengumpulkan informasi pelanggaran HAM di Kordofan selatan berdasarkan foto-foto satelit (foto: dok).

Satellite Sentinel Project menguatkan laporan PBB tentang pelanggaran HAM di Kordofan Selatan dengan temuan mereka mulai bulan Juni.

Satu organisasi yang berbasis di Amerika mengatakan hari Kamis mereka telah mengukuhkan laporan PBB dan keterangan para saksi mata yang menuduh bahwa pasukan pemerintah Sudan telah melakukan kekerasan terhadap kaum sipil di negara bagian Kordofan selatan negara itu sebelumnya tahun ini.

Satellite Sentinel Project mengatakan mereka telah menganalisa gambar-gambar dari satelit dan mengumpulkan laporan dari lapangan yang menunjukkan polisi Sudan melakukan penculikan, penahanan, dan pembunuhan sewenang-wenang terhadap kaum sipil di Kordofan Selatan mulai bulan Juni.

Bulan Juli, PBB mengatakan ada indikasi yang kuat kekejaman sedang dilakukan oleh pasukan Sudan di daerah itu, dengan mengutip laporan-laporan yang layak dipercaya mengenai pembunuhan massal, penahanan sewenang-wenang, penculikan, pemboman dari udara dan serangan-serangan terhadap gereja.

PBB menuduh tentara, polisi dan milisi Sudan yang melakukan sebagian besar kekerasan di Kordofan selatan.

XS
SM
MD
LG