Tautan-tautan Akses

PBB Minta Vatikan Pecat Pastur Pelaku Pelecehan


Kirsten Sandberg, ketua komite hak asasi manusia PBB tentang hak-hak anak, memberikan keterangan dalam konferensi pers di markas PBB di Jenewa, Swiss (5/2).

Kirsten Sandberg, ketua komite hak asasi manusia PBB tentang hak-hak anak, memberikan keterangan dalam konferensi pers di markas PBB di Jenewa, Swiss (5/2).

Komisi PBB urusan Hak Anak, Rabu (5/2), meminta Vatikan untuk mengakui adanya puluhan ribu kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak dan menyerahkan semua arsip terkait kasus-kasus tersebut.

Sebuah komisi HAM PBB telah mengajukan tuntutan yang belum pernah dikemukakan sebelumnya agar Vatikan segera memberhentikan semua pastur yang dituduh melakukan pelecehan terhadap anak-anak dan menyerahkan mereka ke pihak berwenang sipil.

Komisi PBB urusan Hak Anak, Rabu (5/2), meminta Vatikan untuk mengakui adanya puluhan ribu kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak dan menyerahkan semua arsip terkait kasus-kasus tersebut. Tuntutan itu muncul menyusul interogasi satu hari penuh terhadap Vatikan oleh para anggota komisi itu bulan lalu.

Pada hari Rabu (5/2), komisi PBB tersebut mengatakan keprihatinan mereka karenagereja Katolik belum mengakui besarnya kejahatan yang telah dilakukan dan belum mengambil tindakan yang perlu untuk mengatasi kasus-kasus seperti itu, serta telah memberlakukan kebijakan-kebijakan yang memungkinkan berlanjutnya praktik-praktik serupa tanpa adanya konsekuensi.

Ini merupakan pesan blak-blakan yang dikeluarkan komisi itu untuk Vatikan menyangkut pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh pastur.

Paus Fransiskus Desember lalu membentuk sebuah tim untuk menyelidiki semua kasus pelecehan seks yang dilaporkan. Vatikan belum mengeluarkan komentar atas tuntutan komisi PBB itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG