Tautan-tautan Akses

PBB Minta Penghentian Tembak Menembak di Suriah


Kepala pemantau PBB, Mayjen Robert Mood menyerukan penghentian pertempuran di Suriah untuk memberi kesempatan evakuasi bagi warga sipil di wilayah sengketa.

Kepala pemantau PBB, Mayjen Robert Mood menyerukan penghentian pertempuran di Suriah untuk memberi kesempatan evakuasi bagi warga sipil di wilayah sengketa.

PBB menyerukan hal itu untuk memberikan waktu bagi upaya pengungsian warga sipil serta orang-orang yang cedera dari kota Homs dan kawasan sengketa lainnya.

Kepala misi pemantau PBB di Suriah menuntut pada pemerintah Suriah dan laskar pemberontak supaya mengambil tindakan yang akan memungkinkan pengungsian perempuan, anak-anak, orang tua serta orang-orang yang cedera dari kota Homs dan kawasan sengketa lainnya.

Kata Mayor Jenderal Robert Mood hari Minggu, kedua pihak tidak mau menghentikan tembak menembak sehingga usaha PBB untuk mengungsikan warga sipil dari Homs dalam seminggu terakhir gagal.

Aktivis oposisi Suriah mengatakan, pasukan pemerintah terus meningkatkan tembakan artileri atas kawasan-kawasan yang dikuasai pemberontak di kota itu dan menewaskan 11 orang, satu hari setelah pengamat PBB menghentikan tugas mereka.

Aktivis menyiarkan video amatir hari Minggu yang menunjukkan serangan artileri hebat yang menghantam kota Homs yang terletak di bagian tengah Suriah. Kelompok oposisi juga melaporkan terjadinya bentrokan dan penembakan di beberapa kota lain yang menewaskan sedikitnya 50 orang hari Sabtu.

Homs adalah pusat kerusuhan anti-pemerintah yang telah melumpuhkan Suriah satu tahun lebih dan menewaskan ribuan orang. Pemerintah Suriah menuduh aksi-aksi kekerasan itu dipicu oleh teroris.

Kekerasan yang terus meningkat telah memaksa kira-kira 300 orang pengamat PBB yang tidak bersenjata untuk menghentikan misi mereka hari Sabtu.
XS
SM
MD
LG