Tautan-tautan Akses

PBB Minta Tambahan 500 Juta Dolar bagi Krisis Irak


Warga muslim Sunni-Irak mengungsi dari kota Ramadi berusaha memasuki Baghdad akhir bulan lalu (foto: dok).

Warga muslim Sunni-Irak mengungsi dari kota Ramadi berusaha memasuki Baghdad akhir bulan lalu (foto: dok).

PBB meminta kepada masyarakat Internasional dana tambahan hampir 500 juta dolar untuk mempertahankan bantuan kemanusiaan di Irak.

PBB hari Kamis (4/6) meminta kepada masyarakat Internasional setengah miliar dolar lagi untuk mempertahankan kegiatannya di Irak yang dilanda konflik, di mana seorang pejabat senior mengatakan bantuan kemanusiaan akan berkurang secara drastis tanpa tambahan dana.

Lise Grande, Koordinator Kemanusiaan PBB untuk Irak mengatakan tambahan keuangan itu diperlukan secepatnya untuk melayani 5,6 juta rakyat Irak sampai akhir tahun.

"Mitra-mitra kemanusiaan telah melakukan segala yang bisa mereka lakukan untuk membantu. Tapi 50 % lebih dari kegiatan akan dihentikan atau dikurangi jika dana tidak secepatnya diterima" kata Lisa Grande di Parlemen Eropa di Brussel hari Kamis.

PBB meminta dana 497 juta dolar untuk biaya penampungan, makanan dan air untuk enam bulan ke depan sementara makin banyak rakyat Irak yang kehilangan tempat tinggal karena pertempuran antara militan ISIS dan pasukan pemerintah.

XS
SM
MD
LG