Tautan-tautan Akses

PBB: Lebih Banyak Dana Dibutuhkan Untuk Bantu Korban Topan di Filipina


Para penyintas topaz Haiyan be rebut menerima bantuan yang diturunkan dari helikopter angkatan laut AS di San Jose, Filipina (18/11).

Para penyintas topaz Haiyan be rebut menerima bantuan yang diturunkan dari helikopter angkatan laut AS di San Jose, Filipina (18/11).

PBB meminta bantuan 301 juta dolar untuk menutupi kebutuhan untuk menyediakan bantuan darurat bagi ratusan ribu orang yang terpaksa mengungsi akibat topan Haiyan selama enam bulan.

PBB mengatakan telah menggalang sepertiga dana yang diperlukan untuk menyediakan bantuan darurat di Filipina tengah yang dihantam topan.

Orla Fagan dari Kantor PBB Urusan Koordinasi Bantuan Kemanusiaan di Filipina mengatakan kepada VOA, dibutuhkan usaha terkoordinasi untuk mencapai target penggalangan dana badan dunia itu.

PBB meminta bantuan 301 juta dolar untuk menutupi kebutuhan selama enam bulan untuk menyediakan bantuan darurat, termasuk pangan, tempat penampungan dan perawatan medis bagi ratusan ribu orang yang terpaksa mengungsi akibat topan Haiyan.

Fagan, yang baru kembali dari beberapa daerah yang terkena bencana topan, mengatakan, dana yang dibutuhkan dipastikan akan meningkat dalam beberapa hari mendatang setelah berbagai kebutuhan terevaluasi.

Sejauh ini, sebesar 241 juta dolar telah dikontribusikan untuk usaha pertolongan menyeluruh oleh lebih dari 40 negara anggota PBB. Ini termasuk bantuan langsung yang jumlahnya tidak termasuk dalam target PBB.

Gambar-gambar memilukan terus berdatangan dari kawasan-kawasan yang paling parah dilanda bencana itu, dan sejumlah pengungsi masih belum bisa dijangkau, 12 hari setelah Topan Haiyan menghantam.
XS
SM
MD
LG