Tautan-tautan Akses

PBB: Lebih 3 Juta Mengungsi Dari Perang Suriah


Para pengungsi Suriah membawa barang-barang mereka menuju kamp Azraq di sebelah timur Amman, Yordania (19/8).

Para pengungsi Suriah membawa barang-barang mereka menuju kamp Azraq di sebelah timur Amman, Yordania (19/8).

Badan pengungsi PBB mengatakan satu juta dari pengungsi tersebut mengungsi dalam satu tahun ini saja dari keadaan yang semakin mengerikan di Suriah.

PBB mengatakan lebih dari tiga juta orang telah mengungsi dari perang saudara di Suriah, yang menciptakan apa yang disebut “keadaan darurat kemanusiaan yang paling besar dalam zaman kita.”

Dalam pernyataan Jumat, badan pengungsi PBB mengatakan satu juta dari pengungsi tersebut mengungsi dalam satu tahun ini saja dari keadaan yang semakin mengerikan di Suriah.

Pernyataan itu mengatakan angka tersebut tidak termasuk ratusan ribu orang yang belum mendaftar sebagai pengungsi. Pernyataan itu juga mengatakan 6,5 juta lagi mengungsi di dalam Suriah.

Sebagian besar pengungsi pergi ke Lebanon, Turki, dan Yordania, di mana PBB mengatakan mereka tiba dalam “keadaan yang mengejutkan, kehabisan tenaga, takut dan tabungan mereka habis.”

Komisaris Tinggi urusan Pengungsi, Antonio Gutterres, mengatakan dunia “gagal memenuhi kebutuhan pengungsi dan negara-negara tuan rumah mereka.”

Badan dunia itu mengatakan mereka membutuhkan US$2 milyar lagi sebelum akhir tahun ini untuk membantu mereka yang menderita akibat konflik itu.

XS
SM
MD
LG