Tautan-tautan Akses

PBB Lancarkan Operasi Bantuan di Irak Utara


Kamp darurat pengungsi etnis Yazidi di Gunung Sinjar, Irak utara.

Kamp darurat pengungsi etnis Yazidi di Gunung Sinjar, Irak utara.

PBB berencana mengirim ribuan tenda, lembaran plastik, alat masak dan tempat air dan minyak bagi ribuan orang yang berlindung di wilayah Kurdi, Irak.

PBB hari Selasa (19/8) melancarkan operasi bantuan besar di Irak dengan mengirim barang-barang lewat udara, darat dan laut untuk membantu puluhan ribu pengungsi yang melarikan diri dari kekerasan ekstremis di Irak utara.

Menurut PBB, tantangan kemanusiaan di Irak “sangat besar”.

PBB berencana mengirim ribuan tenda, lembaran plastik, alat masak dan tempat air dan minyak bagi ribuan orang yang berlindung di wilayah Kurdi, Irak. Banyak di antara mereka berlindung di sekolah, masjid dan gereja serta gedung-gedung lainnya.

Diperkirakan 1,2 juta warga Irak telah kehilangan tempat tinggal tahun ini sejak militan ISIS menyerbu provinsi Anbar di Irak barat kemudian ke Mosul dan Sinjar di utara.

PBB mengatakan operasi itu akan dimulai dengan pengangkutan lewat udara selama empat hari dari negara tetangga Yordania menuju kota Irbil di Irak utara. Truk-truk yang membawa bantuan akan tiba dari Turki dan Yordania dan tambahan bahan-bahan lainnya akan tiba dari Dubai lewat Iran dalam 10 hari mendatang.

Amerika, Inggris, Jerman dan Perancis ikut dalam upaya kemanusiaan tersebut.

XS
SM
MD
LG