Tautan-tautan Akses

PBB Kutuk Pembunuhan Pemimpin Oposisi Burundi


Suasana pemakaman pemimpin oposisi di Burundi Zedi Feruzi, di Bujumbura, Burundi (24/5).

Suasana pemakaman pemimpin oposisi di Burundi Zedi Feruzi, di Bujumbura, Burundi (24/5).

PBB meminta pihak berwenang di Burundi agar mencegah kekerasan lebih lanjut, sementara juga menghormati kebebasan berekspresi dan berkumpul secara bebas.

Dewan Keamanan PBB mengutuk pembunuhan seorang pemimpin oposisi di Burundi, yang kematiannya telah menghambat upaya penyelesaian krisis di negara itu melalui perundingan yang disponsori PBB.

Zedi Feruzi dari Partai Persatuan bagi Perdamaian dan Pembangunan dimakamkan hari Minggu (24/5), sehari setelah ia dan seorang pengawal ditembak mati di ibukota Bujumbura.

Dalam sebuah pernyataan hari Minggu, Dewan Keamanan mengutuk pembunuhan dan sebuah serangan mematikan lainnya di Bujumbura pekan lalu. Badan itu meminta pihak berwenang agar mencegah kekerasan lebih lanjut, sementara juga menghormati kebebasan berekspresi dan berkumpul secara bebas.

Dewan Keamanan mendesak para pemimpin untuk mengambil bagian dalam perundingan politik, tetapi pemimpin oposisi Frederick Bamvuginyumvira mengatakan sebelumnya hari Minggu, bahwa pihaknya tidak bisa lagi mengadakan pembicaraan dengan pemerintah.

XS
SM
MD
LG